PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Area perubahan / komponen pengungkit yang ke- 6 (enam) adalah Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik menjadi elemen yang paling utama dalam penilaian menuju WBBM. Diharapkan instansi yang ditunjuk untuk menuju WBBM memiliki program – program berkualitas dan mampu dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Oleh karena itu Kejaksaan Negeri Sampang memiliki (6) enam program baru dibidang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, ke 6 (enam) program tersebut sekaligus menjadi program andalan Kejaksaan Negeri Sampang menuju WBBM. berikut penjelasannya :

1)     Tilang Prioritas

Bagi para pelanggar tilang yang hendak mengambil barang bukti tilang dapat mengakses nomor antrean secara online melalui Web www.tilang.kejari-sampang.co.id, pelanggar tilang yang sudah mengambil nomor antrean melalui Web tersebut akan diprioritaskan terlebih dahulu dari pada pelanggar tilang yang mengambil nomor antrean secara konvensional.

2)     Drive Thru Tilang

Bila sebelumnya Drive Thru Tilang hanya berlaku bagi para pengendara roda 4 saja, saat ini Kejaksaan Negeri Sampang juga memberlakukan Drive Thru Tilang untuk pengendara roda 2. Akan tetapi, Drive Thru Tilang hanya dapat diakses pada hari senin s/d kamis.

3)     Delivery Tilang

Merupakan salah satu inovasi Kejaksaan Negeri Sampang dibidang tilang. Pelanggar tilang tidak perlu datang ke kantor kejaksaan negeri Sampang untuk mengambil barang bukti tilang Pelanggar tilang cukup mengakses Whatsaap / Website petugas kejaksaan dengan format menuliskan nomor tilang, nama, dan alamat. Nantinya petugas kejaksaan akan mengantarkan barang bukti tilang ke alamat tertera.

4)     Jasapos

Program JAKPOS merupakan inovasi dari Kejaksaan Negeri Sampang untuk memberikan solusi pembayaran Denda Tilang yang lebih mudah bagi para pelanggar tilang. Dengan JAKPOS pelanggar tilang, cukup membayar Denda Tilang pada Kantor Pos terdekat diwilayah Sampang berikut membayar biaya kirim sesuai zonasi. Pihak pos yang berkordinasi dengan Kejaksaan Negeri Sampang untuk menyetorkan denda dan mengambil Barang Bukti Tilang (SIM/STNK), selanjutnya pihak Pos yang mengantarkan Barang Bukti Tilang (SIM/STNK) kepada pelanggan sesuai alamat yang bersangkutan.

Selain pelayanan publik yang menjadi andalan tersebut Kejaksaan Negeri Sampang juga memiliki bentuk program lainnya yang juga termasuk dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, yaitu :

A.     Barcode Barang Bukti

Berupa QR Code bagi semua barang bukti yang diterima sehingga yang bersangkutan dapat mengetahui proses dan status barang bukti tersebut.

B.     Layanan Antar Barang Bukti

Merupakan layanan antar barang bukti yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap / inkracht, namun barang bukti tersebut belum di ambil oleh yang berhak berdasarkan Putusan Hakim.

C.      Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kejaksaan Negeri Sampang

Untuk mempermudah pelayanan pada masyarakat, Kantor Kejaksaan Negeri Sampang memiliki tempat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Selain memiliki program unggulan, peningkatan kualitas pelayanan publik juga harus ditunjang dengan fasilitas publik yang memadai. Oleh karena itu Kejaksaan Negeri Sampang juga memperhatikan fasilitas publik guna meningkatkan rasa nyaman bagi masyarakat, Fasilitas publik yang dimaksud adalah ; Pojok Informasi, Ruang Layanan Tilang, Parkir Khusus Wanita, Parkir Khusus Difabel, Jalur Khusus Difabel, Klinik dan Nursery Room, Petunjuk Arah dan Titik Kumpul, Pojok Santai, Adhyaksa Mart, dan Masjid.